20 April 2024

Membeli Bahan Bangunan, Ini Tipsnya!

catatantoday.com tips membeli bahan bangunan

Membeli bahan bangunan, ini Tipsnya!

Membeli Bahan Bangunan, Ini Tipsnya! ➖ Butuh pertimbangan dan pengamatan untuk membeli domain dan hosting. Begitu juga saat membeli bahan bangunan, tak sebatas transaksi jual beli biasa. Ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Mulai dari pemilihan bahan hingga menentukan toko tempat membeli bahan bangunan nantinya. Jangan menyepelekan kedua hal tersebut. Sebab berkaitan dengan besar biaya yang akan dikeluarkan, dan kekokohan hasil bangunan nantinya.

Menurut pantauan kami, berikut hal yang wajib diperhatikan sebelum berbelanja bahan bangunan:

1. Tips Memilih Toko Bahan Bangunan

Saat ini sudah banyak berdiri toko bahan bangunan. Mulai dari sekala kecil, menengah dan besar. Bahkan sudah ada super market khusus bahan bangunan, yang terlihat lebih lengkap dan lebih rapi pelayanannya.

Tips memilih toko bahan bangunan adalah membandingkan harga dan mempertimbangkan jarak toko dengan tempat pembangunan. Jangan ragu untuk hunting, dan menanyakan harga bahan bangunan sebelum menentukan akan membeli atau tidak.

Sebagian orang mungkin merasa tidak enak, jika masuk ke toko dan tidak jadi membeli. Tapi itu tidak tepat. Bertanya adalah salah satu pertimbangan utama sebelum bertransaksi. Tanyakan harga beberapa barang dan ingat atau catat dengan baik. Misalnya tanyakan harga besi 8 atau besi 10, papan, bata, dan semen. Ingat, jangan ragu untuk melakukan hal ini. Karena selisih Rp. 1000,- pun akan berpengaruh pada pengeluaran nantinya.

2. Tips Membeli besi

Salah satu barang pokok dalam pembangunan adalah besi. Paling utama adalah paham mana besi yang bagus dan mana yang tidak bagus. Ada istilah besi banci sebagai sebutan untuk besi palsu. Besi banci ini tidak terbuat 100% dari besi, melainkan campuran. Sehingga berpengaruh pada kekuatan bangunan nantinya. Besi SNI memiliki ciri khusus, seperti memiliki label yang terpahat di bagian ujung besi, memiliki panjang 12 meter dan harga yang wajar.

Ada baiknya ditanyakan langsung kepenjual, mana besi asli dan besi banci. Tentu besi asli memiliki harga yang lebih tinggi. Apa bila memungkinkan bisa mengajak tukang bangunan.

3. Membeli Papan

Selain harga yang harus dipastikan mengenai papan adalah ukuran. Berapa panjang, lebar dan ketebalan papan tersebut. Biasanya yang paling banyak digunakan adalah papan racuk, yakni papan campuran dari kayu apa saja.

Papan racuk digunakan untuk membuat kotak topang cor pondasi, cor tiang, untuk cor dag lantai dan sebagainya. Harganya bervariasi sesuai dengan ukuran.

Nah, yang harus diperhatikan dan dipastikan adalah ukuran papan tersebut. Beberapa toko bangunan memberikan keterangan berbeda dengan aslinya. Misal kita akan membeli papan racuk dengan lebar 25 cm, sesuai kebutuhan tukang. Namun kenyataannya papan yang datang rata-rata lebar 15-22 cm saja. Setelah dikonfirmasi ternyata memang begitu adanya. Semacam rahasia umum. Kami sempat menanyakan perihal ini ke beberapa toko bangunan.

4. Membeli Pasir dan Koral

Pasir dan koral ada macamnya juga. Ada yang pasir butiran kasar dan halus. Ada koral besar dan kecil. Sebelum membeli, pastikan pasir dan koral yang dibeli sesuai dengan yang dibutuhkan, supaya hasil bangunan maksimal.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran kubiknya. Jangan ragu untuk komplain jika merasa kurang. Sebab, tidak semua pedagang jujur.

5. Tips Pengantaran Bahan Bangunan

Jangan sepelekan mengenai pengantaran ini. Sebelum membeli, pastikan barang akan diantar kapan. Karena jika tidak jelas waktunya, bisa menghambat pekerjaan tukang. Sementara biasanya tukang dibayar harian. Maka keterlambatan pengantaran sama dengan menambah anggaran upah tukang.

Jangan lupa untuk meminta nomor telepon dan whatsapp toko bangunan tempat kita membeli bahan bangunan. Supaya lebih mudah menanyakan perihal pengantaran dan lainnya.

Satu lagi, siapkan uang lebih untuk pengantar barang (sopir dan kenek). Sekadar untuk mereka membeli minum. Meski mereka sudah mendapatkan gaji dari toko bangunan, namun tidak ada salahnya jika kita memberi lebih.

Yups, demikian Tips Membeli Bahan Bangunan dari catatantoday.com. Jika kalian berencana membeli handphone, ada baiknya simak 5 Tips Membeli HP Baru ini ya.

Semoga bermanfaat.

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

3 thoughts on “Membeli Bahan Bangunan, Ini Tipsnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *