9 November 2023

Trik Promosi dan Pemasaran Buku

catatantoday.com Trik promosi dan pemasaran buku

Trik promosi dan pemasaran buku

 

Trik Promosi dan Pemasaran Buku ➖ Buku tidak bisa terjual dengan sendirinya. Tidak juga promosi dan pemasaran dilakukan sepenuhnya oleh agen dan penerbit. Itu berarti sebagian besar beban promosi dan pemasaran berada di pundak Anda. Demikian yang harus Anda pahami jika telah memutuskan ingin menerbitkan atau membuat sebuah buku. Apa lagi jika buku tersebut diterbitkan sendiri, tidak bekerja sama dengan penerbit besar.

Baca juga: Membeli Bahan Bangunan, Ini Tipsnya!

Postingan ini berbicara tentang metode yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan buku Anda. Satu hal yang ingin saya tunjukkan adalah bahwa sulit untuk menentukan metode mana yang membuahkan hasil bahkan setelah Anda melakukannya. Kadang-kadang penjualan buku dapat terjadi sebagai hasil dari kombinasi dari dua atau lebih metode yang berbeda, dan bahkan setelah fakta, Anda mungkin tidak tahu metode mana yang berperan. Maka simak baik-baik Trik Promosi dan Pemasaran Buku berikut ini!

Sebagian besar trik berikut ini gratis, kecuali dalam beberapa hal yang perlu biaya tambahan. Jadi coba sebanyak mungkin yang Anda bisa.

RENCANA PEMASARAN BUKU

Dianjurkan untuk memiliki rencana pemasaran sebelum Anda mulai, bahkan jika itu rencana sederhana yang berkembang dari waktu ke waktu. Pertimbangkan elemen-elemen berikut:

• Tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri

Tetapkan angka untuk jumlah buku yang ingin Anda jual, penghasilan, jumlah buku yang ditulis, jumlah wawancara penulis yang Anda lakukan, jumlah blog tamu yang Anda ikuti, Peringkat luar biasa, jumlah jam situs web, jumlah “suka” Facebook, jumlah artikel yang Anda tulis, dan jumlah ulasan positif yang Anda dapatkan.

• Kenali audiens target Anda

Berapa usia calon pembaca Anda? Jenis kelamin apa? Apakah mereka mungkin berasal dari lokasi geografis tertentu? Apakah mereka memiliki minat khusus?

• Ketahui pesaing Anda

Temukan buku yang mirip dengan milik Anda dan baca ulasannya. Lihat apa yang disukai orang lain tentang buku mereka. Lihat halaman penulis di situs web mereka, dan blog mereka. Lihat berapa harga buku mereka. Pelajari semua yang Anda bisa tentang kompetisi Anda. Belajar dari kesuksesan dan kegagalan mereka.

• Siapkan anggaran

Ada banyak sumber daya gratis di luar sana, tetapi kecil kemungkinannya Anda dapat menerbitkan buku tanpa biaya apa pun. Pertimbangkan potensi biaya ini:

o Pengeditan

o Proofrеading

o Desain sampul

o Pemformatan

o Percetakan

o Distribusi

o Iklan

• Pikirkan tentang merek Anda saat Anda menindaklanjuti rencana pemasaran Anda

Untuk penulis, merek Anda adalah nama Anda. Pikirkan tentang apa yang Anda ingin orang katakan tentang Anda, dan kemudian berperilaku sesuai dengan hal tersebut. Arahkan dan giring pola pikir orang lain kepada apa yang Anda inginkan, bagaimana mereka memandang Anda. Konsisten dengan situs web Anda, blog, profil penulis, grup diskusi online, dan wawancara.

• Dan terakhir, amati hasilnya dan revisi rencana pemasaran Anda sesuai kebutuhan.

KIT MEDIA PROMOSI BUKU

Selalu sediakan kit media yang siap dikirim ke media ketika diminta atau untuk dibagikan pada penandatanganan buku, ceramah, konferensi, dan tempat lain di mana ada potensi untuk beberapa hal. Minimal, sertakan yang berikut ini:

• Ringkasan buku

• Siaran Pers

• Pilih resensi buku

• Profil penulis

• Gambar sampul buku

• Dimana tempat membeli buku

• Informasi kontak penulis

MENCIPTAKAN PRODUK (BUKU) YANG BAIK

Rencanakan promosi dan pemasaran buku Anda, bahkan sejak awal pembuatannya. Jangan hanya menghasilkan sesuatu yang biasa saja. Buat karya baru yang unik, inovatif dan berkelanjutan. Sehingga membuka peluang untuk menjadi buku best seller.

Demikian sedikit Trik Promosi dan Pemasaran Buku dari catatantoday.com. Semoga membantu.

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

One thought on “Trik Promosi dan Pemasaran Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *