10 Februari 2024

Hasil Youtube Analytics Kurang Bagus? Tingkatkan Engagement dengan 3 Cara Ini!

Youtube analytic

Youtube analytic

Pengoptimalan engagement merupakan salah satu tujuan sejumlah orang mempelajari Youtube analytics. Hal ini disebabkan data yang nanti didapatkan berpotensi membantu Anda untuk mencapai berbagai tujuan, dari menargetkan audiensi hingga memancing penjualan.

Baca juga: Tips Tutorial SEO untuk Blogger Pemula

Langkah-langkah peningkatan engagement pun tak hanya terpusat pada konten dan keyword relevan, tetapi juga hal-hal berikut ini:

1. Susun playlist sesuai tingkat engagement

Susun video dalam playlist berdasarkan tingkat engagement tertinggi. Tujuan strategi ini adalah memudahkan target audiensi menyaksikan video-video favoritnya. Urutkan video-videonya dari yang memiliki retensi audiensi tertinggi hingga yang paling rendah.

2. Berikan CTA di bagian akhir untuk menarik subscriber

Call-to-Action (CTA) yang berada di akhir video merupakan cara mudah sekaligus efektif untuk menarik subscriber baru. Pastikan CTA yang Anda tambahkan membuat mereka semakin penasaran dan tak ingin ketinggalan update dengan mengeklik tombol Subscribe untuk berlangganan.

3. Buah thumbnail menarik, tetapi bukan clickbait

Pernahkah Anda tertarik menyaksikan video karena thumbnail yang clickbait, tetapi ternyata isinya kurang sesuai? Hindari kebiasaan tersebut, sebab akan berdampak pada kepercayaan audiensi yang hendak menontonnya. Buatlah thumbnail menarik sekaligus relevan dengan konten yang disajikan.

Baca juga: Lomba Jurnalistik, Simak 6 Trik Cara Menangnya!

Kalau masih memerlukan bantuan mengoptimalkan engagement melalui Youtube analytics, Matamaya adalah partner tepat yang dapat dipilih. Bersama mereka, Anda akan mengenal lebih dalam analytic tools beserta metrik yang tersedia.

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

One thought on “Hasil Youtube Analytics Kurang Bagus? Tingkatkan Engagement dengan 3 Cara Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *