20 April 2024

Lomba Jurnalistik, Berikut 7 TIPS Cara Menangnya!

Lomba Jurnalistik, Berikut 7 TIPS Cara Menangnya!

Lomba Jurnalistik, Berikut 7 TIPS Cara Menangnya! ➖ Lomba Jurnalistik artinya lomba menulis berita oleh seorang jurnalis, yang diterbitkan di media cetak, media online, radio maupun telivisi. Lomba ini bukan hanya berupa berita, melainkan berbentuk junalistik fotografi juga. Itu berarti, tidak hanya diikuti oleh wartawan media cetak dan media online, radio atau telivisi saja, lomba jurnalistik juga dapat diikuti oleh fotografer.

Secara umum Tips Cara Menang Lomba Jurnalistik berikut ini dapat diterapkan di semua kategori media, baik media cetak, media online, radio dan telivisi. Walaupun kami mendapatkan tips menang lomba Jurnalistik ini dari seorang jurnalis media cetak.

Tips berikut hasil wawancara secara langsung pada Rendi Fadillah, wartawan media cetak Harian Sumatera Ekspres. Beberapa penghargaan pemenang lomba jurnalistik tingkat nasional telah ia raih. Sebut saja yang terbaru, Rendi Fadillah meraih juara pertama lomba jurnalistik Anegerah Hutama 2022 (https://www.instagram.com/p/Ccjy-8HP8K0/?igshid=YmMyMTA2M2Y=) dan juara ketiga Lomba jurnalistik BPJS 2022 (https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/arsip/detail/2074)

Apa saja tips yang perlu diketahui dan dipraktikan tersebut? Berikut sedikit ulasannya!

1. Membaca dan memahami dengan seksama syarat lomba jurnalistik

Mungkin poin ini terdengar klasik. Sebagian bisa saja menganggapnya ‘basi’. Karena merasa sudah pasti akan membaca dan memahami semua ketentuan lomba sebelum memutuskan ikut serta.

Namun yang acap terlupakan adalah teliti! Kadang tema yang disajikan memiliki maksud yang berbeda dengan pemahaman Anda. Meskipun penafsiran Anda sesungguhnya tidak salah. Melainkan kurang tepat dengan maksud yang dituju penyelenggara.

Oleh sebab itu, wajib memahami secara komprehensif semua ketentuan lomba tersebut. Dalam artian menafsirkan berbagai kecenderungan, memadukan dengan tujuan, visi dan misi, bahkan kegiatan-kegiatan terbaru pihak penyelenggara lomba.

Demikian juga dengan tanggal terbit dan tanggal deadline lomba. Harus diperhatikan batas waktunya. Jangan sampai terlewat. Karena jika tidak sesuai ketentuan, sia-sia yang akan didapat, meski berita tersebut layak untuk menang. Sebab, secara syarat, berita sudah gugur dan otomatis tidak akan dinilai juri.

2. Fokus pada Tema yang ditentukan

Kecendrungan menulis berita melebar keberbagai aspek, selalu mungkin terjadi. Apa lagi jika wartawan kekurangan bahan menulis. Entah kurang data wawancara, atau malah tidak punya titik permasalahan. Sementara tidak jarang lomba jurnalistik menentukan minimal kata atau karakter yang harus dipenuhi sebagai syaratnya.

Jadi solusinya, sebelum menulis berita, jurnalis harus benar-benar matang memahami tema. Sehingga mantap dalam wawancara dalam rangka mengumpulkan data dan fokus pada satu persoalan saja.

3. Peduli dan Percaya diri

Mengapa harus peduli? Karena kalau tak peduli, tak akan ada niat mengikuti lomba.

Seperti pengalaman Rendi, lebih dari 10 tahun menjadi seorang jurnalis, tapi tak peduli dengan adanya lomba jurnalistik. Jarang ikut serta, kalaupun mengikuti, tidak pernah serius. Alhasil karena ketidak pedulian itu, jangankan berusaha menang, keinginan untuk ikut pun tak ada.

Kata orang tak kenal maka tak sayang. Tak berusaha tahu info-info lomba, tak akan tumbuh niat untuk mengikutinya. Cari tahu infonya, coba serius mengikutinya.

Setelah peduli, selanjutnya adalah percaya diri. Menang dapat diusahakan. Maka berusahalah dengan semaksimal mungkin. Nyatanya, kemenangan itu ditentukan pula oleh seberapa besar kepercayaan diri Anda. Tidak percaya? Buktikan saja.

4. Buat judul yang menarik dan mencakup isi

Sepertinya ini hal dasar bagi insan pers. Tapi sesuatu yang menarik, nyatanya relatif juga. Sesuai dengan pandangan orang masing-masing.

Namun bisa diambil satu patokan umum. Yakni pola pikir pembaca kebanyakan. Judul yang sedikit dramatis, dapat dicoba. Tapi ingat, tetap harus mencakup isi dan pokok bahasan.

5. Ketahui Hadiah lomba jurnalistik

Semakin besar hadiahnya, akan semakin menarik. Keinginan untuk mendapatkannya tentu menjadi semakin tinggi. Jangan anggap mimpi, tapi jadikan sebuah tujuan yang musti dikejar. Tapi ingat, semakin besar hadiah, semakin besar pula semangat dan keseriusan yang diperlukan.

Baca juga: 5 Tips Blogger Pemula

6. Pantang Menyerah

Meski nantinya Anda mengalami kekalahan bertubi-tubi, yakinlah satu waktu akan ada kemenangan yang diraih. Kecuali jika Andah berhenti pada beberapa kekalahan Anda. Maka disitulah akhirnya.

7. Setelah berusaha sebaik mungkin, saatnya berdoa.

Karena rezeki Tuhan yang menentukan, maka jangan abaikan kekuatan doa. Mohon doa kepada kedua orang tua dan keluarga. Karena Anda tidak tahu, doa siapa yang akan dikabulkan Tuhan.

Demikian ulasan 7 Tips Cara Menang Lomba Jurnalistik. Semoga dapat memberi pencerahan. Selanjutnya Anda wajib membaca 6 TRIK Cara Menang Lomba Jurnalistik.

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

22 thoughts on “Lomba Jurnalistik, Berikut 7 TIPS Cara Menangnya!

  1. Terima kasih tipsnya kak. Kebetulan ada satu lomba yang aku sedang ikuti di akhir tahun ini. Membaca aturan dan persyaratan lomba memang sangat penting. Jangan sampai karena lalai satu poin jadi mengurangi kesempatan untuk menang.

  2. Biasa mengikuti lomba akan menambah ketelitian dan kejelian dalam membaca syarat dan ketentuan.
    Sehingga artikel jurnalistik yang diikutkan bisa memenangkan lomba dengan 7 tips di atas.

  3. Wah terima kasih mbak atas tipsnya, jadi ingat sudah bertahun-tahun ngak ikutan lomba nulis, kadang udah bikin draft terus ada job nulis dan akhirnya lupa wkwkwk. Butuh effort juga buat bikin artikel lomba yang menarik.

  4. Membuat sebuah artikel jurnalistik ini tentunya gak mudah ya..
    Harus dilengkapi dengan data dan minim pendapat pribadi. Dengan sering mengikuti lomba, tentu akan paham sekali bagaimana “celah”nya agar karyanya disukai juri. Mengikuti 7 tips di atas bisa menjadi sangat membantu sekali.

  5. Tipsnya oke banget nih, apalagi dari seorang pemenang lomba. Memang bener sih salah satunya ketahui dulu tujuan penyelenggaraan lomba. Menulis dengan riset dll. Yang terakhir harus berdoa pastinya

  6. Poin paling penting adalah pemenang itu telah melalui banyak kekalahan. Di antara kekalahan ada kemenangan. Soalnya orang awam sering mikir kalau pemenang itu menang terus sehingga takut mencoba. Padahal ternyata ada perjuangannya ya.

  7. Waaah, bole banget nih Mba tips-nya. Apalagi poin pertama terlihat sepele tapi menjadi salah satu keputusan juri yang tidak bisa diganggu gugat ya, Mba.
    Seneng deh ada tips menang lomba jurnalistik kaya gini, bisa dijadikan referensi untuk diterapkan saat mengikuti lomba menulis. Thank you tips-nya, Mba.

  8. Kalau ikut lomba, bener-bener harus dibaca dengan teliti syarat dan ketentuannya. Sayang kalau tulisannya sudah bagus harus gagal gara-gara ada persyaratan yang ke skip.

  9. Tips memenangkan lomba journalistiknya benar2 mantap, dan saya setuju sekali dengan tips2nya perlu dicoba, nih, siapa tau beruntung mensngin lomba. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *