8 November 2023

Scrapbook Aesthetic Tutorial

Scrapbook Aesthetic Tutorial catatantoday.com

Scrapbook Aesthetic Tutorial catatantoday.com

Scrapbook Aesthetic Tutorial ➖ Banyak definisi scrapbook yang disebutkan. Ada yang memaknainya sebagai kumpulan kenangan di dalam sebuah buku, memo kenangan, ada pula yang mengartikannya sebagai kertas kosong tempat menempelkan tulisan, foto atau gambar yang dianggap berharga. Intinya Scrapbook adalah sebuah buku yang dihias sedemikian rupa. Tempat berkreasi menempel kertas, dan stiker yang unik, diperindah menggunakan spidol warna, atau lainnya, sehingga terlihat aesthetic dan menarik.

Kadang scrapbook menjadi salah satu sarana meluapkan perasaan. Sehingga scrapbook yang dihasilkan, mewakili perasaan orang yang membuatnya.

Sebagaimana definisi scrapbook tersebut, dapat disimpulkan bahwa scrapbook merupakan salah satu kegiatan seni. Karena mampu menghasilkan sebuah karya dan pada prosesnya mampu memberikan rasa bahagia juga kepuasan tersendiri bagi pembuatnya dan mungkin pula bagi penikmatnya.

Berikut ini Scrapbook Aesthetic Tutorial, yang bisa Anda contoh cara membuat scrapbooknya:

1. Siapkan bahan Scrapbook Aesthetic Tutorial

Bahan utama scrapbook adalah satu buah buku atau jurnal yang akan dijadikan tempat menempel nantinya.

Bisa pakai buku apa saja. Namun pada umumnya orang memakai buku dengan lembar polos, dan sampul yang berkesan aesthetic.

Baca juga: Belajar Blog Pemula: Cara Merubah Tema (Themes) dengan Menggunakan Tema Bawaan Blogspot

Bahan scrapbook selanjutnya adalah stiker, kertas-kertas berwarna, bermotif atau bergambar unik. Bahkan ada prangko, tiket, karcis, dan lembaran unik lainnya khusus untuk membuat scrapbook ini.

Tentu bisa juga menempel kertas, gambar, foto, atau bekas tiket yang berharga, yang pernah digunakan dan ingin dikenang. Bebas saja ya.

2. Siapkan perlengkapan

Wajib dipersiapkan lem, gunting, cutter, dan solasi bermotif maupun berwarna.

Langkah-langkah membuat scrapbook aesthetic tutorial:

1. Tentukan tema Scrapbook

Apakah Anda ingin membuat scrapbook berdasarkan warna, berdasarkan makna sebuah tulisan atau kata-kata, bisa juga berdasarkan keinginan emosi yang ada.

2. Mempersiapkan bahan sesuai tema

Jika berdasarkan warna, anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang sewarna atau padu padan warna seperti yang anda inginkan. Mulai dari warna keras, warna stiker, warna isolatif dan sebagainya.

3. Mulailah dengan satu langkah pasti

Kadang bingung mana yang harus ditempel atau dilakukan saat membuat scrapbook. Hal ini wajar, karena meski sudah menentukan tema, ketika berhadapan dengan pernah-pernik scrapbook, anda malah tidak tahu mana yang bagus untuk ditempel.

Sebenarnya mudah saja, lakukan satu hal pasti. Meski ragu, lakukan saja. Misalnya diawali dengan meremas kertas dasar yang akan dijadikan background awal. Meremas kertas bisa dilakukan supaya guratan kusut kertas bernilai aestetik nantinya. Bisa pula dengan merobek kertas dasar tersebut dengan robekan tidak beraturan. Jangan khawatir, pada kenyataannya, sesuatu yang tidak teratur ini bisa menciptakan karya unik yang aestetic. Coba saja.

4. Lanjutkan dengan imajinasi

Ya! Mulailah lakukan scrapbook dengan imajinasimu. Tidak usah takut tidak menarik. Tidak perlu dipikirkan nanti jadinya seperti apa. Fokus saja. Tempel apa yang ingin anda tempel. Tapi tetap perhatikan kombinasinya. Ada yang suka tumpuk menumpuk, ada yang suka minimalis, hemat bahan dan sebagainya. Boleh dicoba saja. Kira-kira mana yang paling anda minati nantinya.

Baca juga: Membeli Bahan Bangunan, Ini Tipsnya!

Selama praktik, kami lebih suka yang minimalis. Jika menumpuk, kesannya malah sia-sia karena stiker yang ditumpuk tidak terlihat. Tapi sesuaikan dengan kecenderungan anda sendiri. Lakukan apa yang membuat anda bahagia.

5. Posting ke media sosial

Salah satu hal yang membuat senang adalah berbagi kesenangan. Baik ada respon atau tidak, share hasil scrapbook anda ke media sosial bisa jadi sebuah langkah akhir menikmati hasil karya anda.

Berikut video salah satu proses pembuatan scrapbook yang pernah kami bagikan ke media sosial Snackvideo. Demikian Scrapbook Aesthetic Tutorial dari catatantoday.com. Semoga bermanfaat.

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

2 thoughts on “Scrapbook Aesthetic Tutorial

  1. wah keren mba..
    terima kasih tutorialnya. selama ini aku suka liat-liat scrapbook, tapi belum action, karena kupikir printilannya mihil.. ternyata bisa bikin versi low budget dan tetep keren..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *