9 November 2023

Tips Traveling Bersama Anak

catatantoday.com Tips traveling bersama anak

Tips Traveling Bersama Anak, dengan Mobil Sendiri ➖ Bepergian bersama anak, apa lagi dalam jarak jauh, bisa membuat orang tua dan anak stres. Meskipun menggunakan mobil sendiri, namun rasa lelah dapat menjadi sumber masalah. Selain itu, anak-anak cenderung cepat merasa bosan. Untuk itu butuh perencanaan dan persiapan yang matang. Supaya tercipta perjalanan yang aman dan menyenangkan.

1. Pengaturan

Tips traveling bersama anak

Bagian terpenting dari setiap perjalanan adalah mengatur dan menjaga semuanya tetap rapi. Mulai dari mengatur posisi duduk, hingga mengatur barang bawaan. Jika diperlukan, gunakan ziploc. Ini akan sangat membantu dalam menjaga benda-benda kecil yang mungkin tercecer. Selain itu pemakaian ziplock atau pembungkus praktis lainnya, bertujuan untuk memudahkan menjangkaunya apabila diperlukan. Gunakan Ziploc untuk tisu, snack, botol dot, pakaian ganti dan perlengkapan lain yang mungkin diperlukan selama di perjalanan. 

2. Tips traveling bersama anak : Kebersihan

Anak-anak dapat membuat banyak kekacauan. Karena usia anak selalu penuh dengan mobilitas dan kreativitas. Harus disiapkan kantong khusus untuk sampah. Apa lagi jika ada yang mabuk perjalanan. Sangat tidak dianjurkan membuang sampah ke luar mobil, sementara mobil sedang melaju. Sama saja dengan membuang sampah sembarangan.

Kumpulkan sampah, masukan kantong khusus sampah, jika berhenti disuatu tempat atau sudah sampai tujuan, barulah buang sampah pada tempat sampah yang disediakan. Jangan abaikan poin satu ini dalam tips travelling bersama anak.

3. Waktu Makan

Jika Anda bersama bayi dan mereka menyusu menggunakan dot (botol) atau menggunakan makanan khusus, simpan pembungkus dan peralatan botol sekali pakai. Anda dapat menyimpan cangkir plastik kecil untuk mencampur sereal atau mengambil makanan dan kemudian membuangnya setelah selesai. Ini akan menjaga mobil Anda tetap bersih dan mengurangi kebutuhan untuk mencuci barang saat bepergian. Sehingga menyisakan lebih banyak waktu untuk kesenangan dan menghindari sumber lelah tambahan. Perlengkapan sekali pakai ini juga tidak terlalu mahal harganya.

4. Istirahat

Tips traveling bersama anak selanjutnya adalah memilih tempat istirahat. Sangat disarankan memilih tempat di mana tersedia cukup ruang bagi anak-anak menggunakan energi mereka. Untuk bayi yang sedang merangkak, bawalah selimut besar, karpet tipis atau semacamnya. Sehingga mereka dapat menggunakannya untuk merayap dan Anda tidak perlu khawatir mereka menjadi kotor di tempat yang mungkin memiliki begitu banyak kuman.

Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda mungkin ingin beristirahat di resto yang menyediakan area bermain. Sehingga dapat membuat mereka bersemangat dengan mengingatkan mereka tentang area bermain tersebut.

5. Tips traveling bersama anak : Permainan

Anda akan menemukan banyak permainan di internet tentang permainan dan kegiatan yang dapat Anda lakukan di dalam mobil untuk membuat anak-anak sibuk. Ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hadiah untuk dibuka oleh anak-anak di tempat tujuan. Atau buat mereka bersemangat tentang beberapa aktivitas yang akan Anda lakukan atau film yang akan ditonton ketika Anda tiba di tempat tujuan. Jika memungkinkan, kondisikan anak supaya tidur selama perjalanan. Bisa dengan menyediakan tempat berbaring yang cukup nyaman di dalam mobil.

6. Kesehatan

Saat akan bepergian, orang tua kadang lupa memerhatikan asupan untuk perut. Padahal perut kosong, bisa jadi sumber masalah selama diperjalanan.

Jangan lupa sarapan yang sehat. Sebagai sumber energi nantinya. Sediakan kacang-kacangan dan buah-buahan kering untuk dikunyah. Ini akan memberi Anda energi selama perjalanan panjang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu juga menyiapkan cemilan untuk anak.

7. Kenyamanan

Terakhir namun tidak kalah pentingnya Tips Traveling Bersama Anak dengan Mobil Sendiri, adalah kenyamanan dan keamanan. Jika Anda memiliki teman yang bisa mengemudi, bisa bergantian mengemudi. Atau jika merasa lelah, jangan ragu untuk berhenti dan istirahat. Simpan kacamata matahari, pelindung matahari, sandal jepit apa pun yang membuat Anda nyaman selama di perjalanan.

Semoga bermanfaat.

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

4 thoughts on “Tips Traveling Bersama Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *