20 April 2024

Tips Melipat Baju dengan Cepat

Catatantoday.com tips melipat baju dengan cepat

Catatantoday.com tips melipat baju dengan cepat

Melipat baju merupakan pekerjaan yang tidak bisa dihindari. Apa lagi bagi seorang ibu rumah tangga, yang perlu mengurus pakaian seluruh anggota keluarga. Akan tetapi tidak 1hanya ibu rumah tangga saja, setiap orang perlu bisa melakukannya. Sebab keterampilan melipat baju, merupakan keterampilan dasar yang dibutuhkan pada banyak situasi. Misalnya saat traveling. Melipat baju juga perlu dikuasai anak-anak. Karena melipat baju dapat melatih kemampuan motorik dan berpikirnya.

Untuk melipat baju dengan cepat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Letakkan baju yang akan dilipat di atas meja atau permukaan datar yang rata.

2. Lipat sisi kiri baju ke tengah, sehingga bagian lengan kiri menyentuh bagian dada baju.

3. Lipat sisi kanan baju ke atas sisi kiri yang sudah dilipat sebelumnya, sehingga bagian lengan kanan menyentuh bagian lengan kiri.

4. Lipat bagian bawah baju ke atas sehingga menutupi bagian atas baju yang sudah dilipat.

5. Lipat bagian kiri dan kanan baju ke tengah sehingga menutupi bagian bawah baju yang sudah dilipat.

Melipat Baju Saat Traveling

Saat traveling, Anda dapat melipat baju dengan cara yang sama seperti ketika melipat baju di rumah. Namun, untuk mempermudah dalam menyimpan baju dalam bagasi, Anda dapat melipat baju dengan cara “rol baju”. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Letakkan baju yang akan dilipat di atas meja atau permukaan datar yang rata.

2. Lipat lengan kiri baju ke arah dada baju.

3. Lipat lengan kanan baju ke arah lengan kiri yang sudah dilipat sebelumnya.

4. Lipat bagian bawah baju ke arah bagian atas baju.

5. Gulung baju dari bagian bawah ke atas sehingga terbentuk seperti gulungan.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menyimpan baju dalam tas atau koper saat traveling. Selain cepat, baju tetap rapi dan menghemat tempat.

Cara Melipat Pakaian Dalam

Pakaian dalam berukuran kecil. Sehingga cenderung mudah terselip dan terbuka lipatannya. Untuk itu diperlukan cara khusus melipatnya. Berikut cara melipat pakaian dalam:

1. Letakkan pakaian dalam yang akan dilipat di atas meja atau permukaan datar yang rata.

2. Khusus melipat celana dalam, lipat sisi kanan ke arah tengah, kemudian disusul sebelah kiri.

3. Masukan ujung bagian bawah celana dalam ke lipatan karet pinggang. Sehingga celana dalam seperti tergulung dan terkunci.

4. Untuk melipat BH, jadikan satu cup dengan memutar area tengah BH. Jangan menekuk cup secara terbalik. Karena akan mengakibatkan cup rusak. Setelahnya satukan tali BH ke dalam bagian cup yang melengkung.

Cara Melipat Kaos Kaki

1. Balik benar kedua kaos kaki. Letakkan bertumpuk lurus.

2. Gulung mulai dari bagian ujung bawah (jari kaki) ke satu arah.

3. Setelah mencapai bagian atas (bagian karet kaos kaki) masukkan gulungan ke dalam karet kaos kaki bagian luar gulungan dengan cara terbalik.

Dengan cara melipat kaos kaki di atas, kaos kaki menjadi gulungan yang rapi. Terhindar dari hilang sebelah karena tercecer atau terselip saat penyimpanan.

Cara Melipat Baju Bahan Licin

Baju berbahan licin seperti satin atau sutera akan sedikit sulit dilipat karena licin dan mudah bergeser posisi. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa permukaan meja atau tempat melipat baju benar-benar rata dan bersih agar baju terlipat secara rapi.

Untuk langkah-langkah melipatnya sama dengan cara melipat baju di atas. Hanya saja, perlu ekstra hati-hati saat mengangkatnya setelah dilipat, agar lipatan tidak terbongkar. Lebih disarankan agar menggantung saja baju berbahan licin.

Pada dasarnya Anda mungkin punya cara sendiri melipat baju. Namun demikian, semoga tutorial sederhana cara melipat baju dengan cepat di atas bisa memberi opsi lain. Barang kali bisa Anda praktikkan dan lebih mudah diterapkan.

Selamat mencoba!

 

Deris Afriani

Berisi tentang Review, Tutorial, Tips dan Trik mudah.

View all posts by Deris Afriani →

2 thoughts on “Tips Melipat Baju dengan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *